Senin, 08 Februari 2010

UKHUWAH DI PADANG TANDUS

Panceng, sebuah kecamatan di kabupaten Gresik yang terletak di perbatasan kabupaten Lamongan kecamatan Paciran, aku mengawali pendidikanku sebagai seorang mahasiswa. Kedatanganku bertepatan dengan musim kemarau, sehingga sangat sukar mendapatkan air, baik untuk mandi maupun untuk wudlu. Bisa kita Bayangkan kesukaran dalam mendapatkan air, karena asramaku terletak di puncak sebuah bulit yang berkapur. Tapi hikmah dibalik itu semua sangat besar, karena Ukhuwah di antaraku dan teman-teman bisa terjaga dengan baik.

Panceng merupakan kampus dua dari Sekolsh Tinggi Agama Islam Lukman Al-Hakim(STAIL) Hidayatullah Surabaya, yang berkonsentrasi penuh pada pengembangan bahasa Inggris da bahasa Arab. Ternyata sangat efektif, karena tempatnya sangat kondisional. karena sangat jauh dari hiruk pikuk dan gemerlap dunia sehinnga aku bisa berkonsentrasi penuh pada mata kuliah yang diberikan oleh dosen.

Ternyata, tidak selamanya tinngal di daerah tandus itu menyedihkan. Karena kami sangat terasa nyaman dengan keadaan yang sangat sederhana dan jauh dari desa maupun kota. Walaupun jauh dari kerameian, tapi tidak menyurutkan semangat kami untuk menyambung tali silaturahmi dengan penduduk sekitar, yang jaraknya mencapai 2-3 km dari puncak bukit tempat tinggal kami.

Pengalaman ini tidak pernah bisa saya lupakan, karena sampai saat inipun aku tetap dirindukan oleh orang-orang yang pernah kami kenal di beberapa desa di kecamatan Panceng, seperti desa Campurejo, desa Prupuh dan desa Dalegan.

Ternyata, efek dari ukhuwah dan benyambung tali silaturahmi itu sangat dasyat dan mampu meninggalkan kesan yang sangat mendalam, sehingga tidak dapat kami lupakan begitu saja, dan aku akan berusaha untuk menjaga tali silahturahmi ini sampai kapanpun. Jika ada kesempatan aku akan berkunjung kesana, sekedar untuk melepas rindu pada pemandangan yang sangat menyenangkan dan kepada penduduk setempat.

Itulah sekelumit pengalaman yang sangat menarik di padang tandus selama 1 tahun aku tinggal disana dan tidak bisa aku lupakan. Ternyata panceng telah menyihirku dan membuatku selalu merindukannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by PARA MUJAHID | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks